Chrome Pointer

web stats
Senin, 09 September 2013

Kunjungan Industri Ke PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM)

0 komentar

PT Pupuk Iskandar Muda adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang industri pupuk serta industri kimia lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 24 Februari tahun 1982 dan mulai beroperasi secara komersil pada tahun 1985. Pembangunan proyek pabrik PIM ini awalnya dirintis PT. Pusri Palembang sejak tahun 1981. Penandatanganan kontrak pembangunan pabrik dilakukan 02 Oktober 1981 antara Pemerintah RI yang dilaksanakan oleh Departemen Perindustrian c/q Dirjen Industri Kimia Dasar dengan kontraktor utama PT. Rekayasa Industri dari Indonesia dan Toyo Engineering Corporation dari Jepang.

Kunjungan Industri yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro dan didampingi oleh 2 dosen yaitu Bpk. Taufiq ST.,MT dan Bpk. Asran ST., MT ini sangat berkaitan erat dengan PT. PIM di lhokseumawe Aceh Utara. Para Mahasiswa Teknik Elektro ingin melihat cara kerja sistem kelistrikan dan sistem kontrol di PT Pupuk Iskandar Muda. Terlihat pada gambar dibawah ini para Mahasiswa sedang diberikan Instruksi oleh Staf PT. PIM, mengenai sistem kelistrikan dan sistem kontrol yang digunakan oleh PT. PIM.


Mahasiswa Teknik Elektro pun diajak berkeliling Pabrik PT. PIM untuk melihat bagaimana sistem produksi pupuk di PT. PI menggunakan bus yang di pandu oleh seorang Staf dari PT.PIM.


Gambar dibawah ini adalah pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang digunakan oleh PT. PIM sebagai pembangkit listrik utamanya. Para mahasiswa dapat secara berinteraktif untuk bertanya mengenai sistem kelistrikan yang ada di PT. PIM kepada Staf PT. PIM yang ada di dalam bus.


Gambar dibawah ini adalah WTP (Water Treatment Processing), WTP ini digunakan untuk pendinginan mesin-mesin yang ada di PT. PIM, Staf PT. PIM menjelaskan tentang cara kerja sistem WTP ini yang menggunakan sistem kontrol sebagai pengontrol suhu pada mesin-mesin di PT. PIM.


Foto bersama Mahasiswa Teknik Elektro dengan seluruh Staf Karyawan PT. PIM setelah acara kunjungan industri selesai


Leave a Reply