Chrome Pointer

web stats
Sabtu, 14 September 2013

Kunjungan Industri ke PT. ARUN LNG Lhokseumawe

0 komentar

PT Arun Natural Gas Liquefaction, lebih dikenal dengan PT Arun NGL, adalah perusahaan penghasil gas alam cair  terbesar di Indonesia.Pada tahun 1990, PT Arun adalah perusahaan penghasil LNG terbesar di dunia. PT Arun merupakan anak perusahaan dari Pertamina. Berlokasi di Lhokseumawe Aceh Utara, Indonesia, perusahaan ini memiliki 6 unit pengelolaan, namun saat ini hanya 2 unit yang beroperasi dikarenakan menipisnya cadangan gas alam di sana. PT Arun merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi kota Lhokseumawe dan Indonesia.

Kunjungan Industri yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMATRO) dan didampingi oleh Dosen Teknik Elektro Yaitu Bpk Taufiq ST., MT ini bertujuan untuk mengetahui sistem kelistrikan yang digunakan oleh PT. ARUN baik sistem transmisi, maupun sistem distribusinya. Dalam hal ini HIMATRO bekerja sama dengan PT. ARUN untuk mengadakan kegiatan kunjungan industri yang berguna untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang sistem kelistrikan yang digunakan oleh industri atau perusahaan-perusahaan besar. Sebelum melakukan kunjungan industri di PT. ARUN, para mahasiswa sempat dibekali pengetahuan umum tentang sistem kelistrikan yang digunakan oleh perusahaan PT. ARUN, yang dipandu oleh Staf-staf ahli dari perusahaan PT. ARUN.


Setelah selesai dibekali pengetahuan tentang sistem kelistrikan yang digunakan oleh perusahaan PT. ARUN, para Mahasiswa Teknik Elektro di ajak untuk melihat-lihat generator dan transformator yang digunakan oleh perusahaan PT. ARUN.


Terlihat beberapa mahasiswa sedang memasuki pintu/gate perusahaan PT. ARUN. Para mahasiswa di ajak berkeliling pabrik menggunakan bus transportasi milik perusahaan PT. ARUN.


Para mahasiswa didalam bus didampingi oleg seorang staf perusahaan PT. ARUN, sekaligus melakukan penjelasan tentang sistem pembangkitan energi listrik dari generator, transformator, sistem transmisi, serta sistem distribusinya. Di bawah ini adalah gambar pembangkit listrik tenaga gas yang digunakan oleh perusahaan PT. ARUN sebagai pembangkit energi listriknya.




Selesailah perjalanan Mahasiswa Teknik Elektro di Perusahaan PT. ARUN, mudah-mudahan para mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari kunjungan industri yang telah dilakukan.


Terlihat Mahasiswa Teknik Elektro sedang turun dari bus transportasi untuk kembali menimba ilmu dan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah didapat dari kunjungan industri diperusahaan PT. ARUN.


 

 

Leave a Reply